Monday 30 November 2015

Flashback Masa Kecil 'Unyu'



Satu kata yang menggambarkan masa kecil gue “Unyu”. Ya, flashback ke masa kecil itu memang selalu menyenangkan buat gue, karena masa kecil gue itu adalah salah satu bagian terindah dalam kehidupan gue. Disamping itu, gue juga bisa pamer ke orang-orang kalo gue itu unyu maksimal xD. Nggak salah dong kalo gue bilang waktu kecil itu gue unyu banget, nggak beda jauh toh sama sekarang yang masih unyu-unyu. Iya, unyu minimal maksudnya.

Selain itu, yang namanya anak kecil juga nggak pernah jauh dari yang namanya polos, konyol, dan apa-adanya, alias natural banget. Gue juga gitu, berdasarkan sumber-sumber terpercaya yang telah gue wawancarai, banyak banget kejadian-kejadian konyol yang terjadi di masa kecil gue yang unyu itu, sumber-sumber terpercaya itu tak lain tak bukan adalah keluarga besar gue sendiri. Setelah mendengarkan berbagai macam cerita mereka tentang gue, gue cuma bisa ngangguk-ngangguk sambil ketawa-ketiwi enggak jelas. Gimana nggak? Gue hanya bisa membayangkan betapa konyolnya gue dalam cerita mereka itu. Nah, berikut ini adalah beberapa cerita dari masa ke-unyuan gue yang telah gue rangkum dari berbagi sumber dan dari ingatan gue sendiri. 

1. Bukan orang gila
Kata ibu gue, ini kejadiannya waktu umur gue hampir mencapai 2 tahun. Waktu itu gue lagi seneng-senengnya main di luar rumah, lari sana lari sini. Disuruh masuk malah nangis -_- namanya juga anak kecil :p bahaha XD nahh, karena ulah gue yang nggak mau berhenti main, akhirnya di pintu rumah gue dipasang penghalang kecil dari kayu supaya gue nggak bisa keluar lagi. Tapi gue tetep aja minta main keluar sambil nangis-nangis. Ibu gue udah bingung tu gimana caranya gue nggak main diluar mulu. Nahh kebetulan waktu itu ada bapak-bapak yang sering lewat depan rumah gue kalo mau sholat ke mesjid, untuk meredakan tangisan gue yang kayak kapal pecah, ibu gue pun bilang kalo bapak-bapak itu orang gila. Maksudnya sih supaya gue berhenti nangis dan takut main di luar lagi. Ya, untuk saat itu gue memang berhenti nangis dan nggak minta main di luar lagi. Gue Cuma berdiri di pintu aja ngeliatin orang-orang. Sorenya, ternyata bapak-bapak tadi lewat lagi, nah, apa yang gue lakukan? Bukannya takut dan masuk ke rumah, malah itu bapak-bapak gue teriakin “Olang ilaa... Olang ilaa..”
Padahal, lo tau? Dia sama sekali nggak gila men! -_- Walhasil, ibu gue yang lagi di dalam rumah , dan ngedengar teriakan gue yang nggak berani keluar. Takut dimarahin bapak-bapak itu, gara-gara anaknya yang kelewat unyu dan polos ini ngatain dia orang gila XDDD

2. Gue dan seragam sekolah abang gue
Gue punya abang. Sebut saja namanya Marwan. Bukan saudara kandung sih, dia itu anaknya adik ibu gue. Tapi, pas masih SD, bang Marwan ini ikut ibu gue, jadi tinggalnya di rumah gue. Waktu itu sih umur gue masih 2.5 tahun lah, masih kecil banget kan ya. Jadi, kata ibu, dulu itu gue punya kebiasaan aneh, kalo ibu gue lagi sholat, gue pasti ada di sampingnya ngikutin gerakan sholat itu juga. Tapi, pas bagian sujud gue bukannya sujud, eh malah duduk di punggung ibu gue yang lagi sujud -_- selalu begitu katanya kalo ibu gue lagi sholat. Aneh memang, sangat aneh. Suatu hari, ketika selesai sholat maghrib, ibu gue heran, tumben gue nggak ada sedikitpun gangguin ibu. Ibu pun nyariin gue. Dan ketika ibu melihat anaknya yang unyu ini di depan pintu kamar, ibu gue langsung ketawa se ngakak-ngakaknya. Tau kenapa? Gue persis berdiri di depan pintu kamar abang gue sambil make seragam sekolah abang gue yang pastinya dengan porsi yang kegedan pake BANGET! Lengkap dengan kaos kaki, sepatu dan tas lagi! ckck.
Bayangin aja anak umur 2.5 tahun makai seragam anak kelas 5 SD. Ya kebesaran banget, lah!

3. Minta jajanan tetangga tanpa bayar
Jadi ceritanya tetangga gue itu jualan, yaa jajanan anak SD lah. Maklum, depan rumah ada SD, jadi kalau buka warung depan SD pasti laris dong. Nah, tetangga gue ini punya anak. Beda beberapa tahun sama gue, jadi gue manggilnya abang. Dia itu suka banget main-main sama gue. Jadi, kalo main kerumahnya gue suka banget tuh bilang ke abang ini, "Bang, mau yang itu.." atau "bang, mau yang ini.." sambil nunjuk ke jajanan yang gue mau. Maklumlah anak kecil belum sampe umur tiga tahun, kadang mana ngerti itu harus dibayar atau enggak. Yang penting makaaan wkwkwk. Nah, abang ini pun dengan polosnya selalu ngasih apa yang gue minta tadi. Mungkin karena gue unyu banget kali ya makanya ngga berani nolak :p hihi. Nggak bilang ke emaknya dulu, terus dikasih gitu aja alias gratis ke gue. Akhirnya dia yang kena marah gara-gara bikin rugi warungnya, dan ujung-ujungnya ibu gue juga yang mesti bayarin jajan anaknya yang kelewat polos ini xD
4. Gangguin orang main petak umpet
Seperti yang udah gue bilang, waktu gue kecil, di pintu rumah gue dikasih pagar kecil gitu supaya gue nggak main mulu. Nah, karena nggak bisa keluar gara-gara kehalang si pagar tadi, gue cuma bisa berdiri dipintu sambil ngeliatin orang-orang. Kebetulan murid-murid ibu sering banget tuh main di depan rumah. Pas lagi main petak umpet, lo tau apa yang gue lakukan? Ketika orang-orang mulai bersembunyi gue perhatiin satu-satu. Tiba waktu si penjaga harus menemukan mereka, gue langsung teriak-teriak
"Ituu.. kak wiwid disitu.." sambil nunjuk tempat persembunyian kak wiwid
"Bang yoyon disanaa kak.." Sambil nunjuk kearah lain lagi
Dan taraaaa spontan orang-orang yang gue sebutin tadi langsung keluar dari tempat persembunyiannya sambil ber-protes ria.
"Ulang lagi mainnyaaa... Ndak aci, tadi eva yang nunjukkan"
"Iya pokoknya aku mau ulang, cop!!!" Kata kak wiwid
Dan gue yang berdiri di pintu rumah hanya menunjukkan eksperi polos tanpa dosa, walaupun udah mengacaukan seluruh permainan. (Oalah dasar bocah--")

5. Gue dan talam saji
Di kampung-kampung, ada kebiasaan menghidangkan makanan menggunakan talam. Semua lauk-pauk, sayuran + air kobokan untuk cuci tangan telah tersedia di satu talam, masing-masing bisa pakai mangkuk atau piring kecil. Nah, jadi ceritanya waktu itu lagi bulan puasa. Ibu lagi nyiapin makanan. Gue sok-sokan tuh dekat-dekat sama ibu, sok-sok ngebantu gitu, padahal ngerepotin -_-
Nah, ibu pun mulai meletakkan satu-persatu hidangan diatas talam. Setiap ibu meletakkan satu hidangan pasti selalu gue keluarin lagi. Letak lagi, keluarin lagi. Begitu seterusnya. Sampai akhirnya itu talam dipindahin ibu ke atas meja, semua hidangan diletakkan lagi di talam itu. Kemudian ditutup dengan tudung saji. Yah, gue pun terdiam. Talam udah dipindahin keatas meja. Gue yang waktu itu tingginya sama sekali belum setara sama tinggi si meja cuma bisa ngeliatin doang. Kemudian ibu kembali ke dapur. Meninggalkan gue, si talam dan si meja dalam keheningan. Gue ngeliatin si talam dengan muka penuh hasrat, si talam ngeliatin gue balik. Akhirnya sebuah lampu bohlam bersinar terang diatas kepala gue. Disitu ada kursi. Ya, kursi!
Gue pun melakukan misi rahasia gue dengan diam-diam.
Ketika ibu kembali ke ruang makan, ibu pun heran melihat makanan yang tadinya diletakkan diatas talam dan ditutup rapi dengan tudung saji sekarang sudah tidak berada ditempatnya lagi (di atas meja, tapi diluar talam), padahal si tudung saji masih sempurna menutupi talam. Ketika ibu membuka tudung saji,
TARAAAAAAAA! Isinya gue, iya, gue! Dan seketika ibu pun tertawa terbahak-bahak, melihat kepolosan anaknya yang luar biasa ini. Ternyata misi rahasia gue adalah menjadi hidangan buka puasa sore itu -_-
6. Praktek Baris-Berbaris
Ayah gue adalah seorang guru di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Pelosok Indragiri Hilir - Riau. Suatu sore, ayah mengajarkan siswa-siswi kelas 5 tentang baris-berbaris.
Gue yang waktu itu masih berumur 3 tahunan, duduk ngeliatin ayah sedang melatih murid-muridnya. Segala macam komando telah disebutkan. Mulai dari perintah untuk posisi siap, hormat, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, balik kiri, serong kanan, serong kiri, dll.
Setiap ayah mengatakan suatu instruksi, misalnya
"Hadap kanan, grakkkk!!!!"
Semua murid pun dengan sigap melakukan hal yang diinstruksikan. Gue pun memperhatikan dengan sangat serius. Mulai dari cara ayah memberi instruksi, sampai dengan cara murid-muridnya melakukan instruksi.
Setelah jam pelajaran hari itu usai, dan kami tiba dirumah. Gue pun berkata kepada ayah
"Yah, eva pandai lho kayak kakak-kakak disekolah tadi"
"Oh ya? Coba gimana tadi" Kata ayah
Gue pun dengan lantang mengucapkan
"PUTAR BALIK BELAKAAAAAAANG, GRAAAKKKKK!!"
Sambil melakukan gerakan hadap kiri, terus mutar badan kebelakang, dengan tampang sok serius.
Gue ngeliatin ayah. Ayah bengong ngeliatin gue.
Gue pun bertanya "Gimana, yah?"
Ayah pun berkata "Wah, pintar anak ayah" Lalu kemudian tertawa cekikikan melihat gue. Mungkin yang ada di pikiran ayah, anaknya ini adalah anak yang jenius karen telah menciptakan instruksi aneh terbaru dalam dunia baris-berbaris.

7. Tenggelam di sungai
Waktu kecil, rumah gue ada di pinggir sungai indragiri. Ya, namanya anak yang tinggal di pinggiran sungai, selalu antusias sama yang namanya mandi di sungai. Walaupun sungai di indragiri hilir itu bisa dibilang nggak bening airnya, nggak ada jernihnya sama sekali sih. Keruh soalnya, keruh banget :v
Tapi tetap aja kami selalu antusias. Setiap sore, teman-teman seumuran gue sering banget ke sungai, main-main air, nyemplung ke sungai. Wuiiiih segar rasanya. Gue juga gitu. Tapi sering nggak dibolehin sama ibu. Bolehnya cuma kalau pas ayah ikut.
Jadi suatu hari, ayah ke sungai. Mau nangkap ikan pakai jala. Gue senang banget. Langsung ikut. Waktu itu suasa sedang sepi. Air juga lumayan surut. Kondisi jembatan lagi licin-licinnya. Ayah pun memulai merentangkan jala di ujung jembatan. Ayah nggak ngebolehin gue ikut sampai ujung. Gue juga udah diingatin supaya hati-hati. Soalnya kondisi jembatan lagi licin. Akhirnya gue cuma duduk di jembatan sambil main-main air dikit. Nah, pas mau berdiri. Ini kejadiannya gue ingat banget. Nggak pernah lupa sampai sekarang. Ternyata gue terpeleset. Byur! gue jatuh. dan GUE NGGAK BISA BERENANG!!! Gue panik sepanik-paniknya. Mau teriak nggak bisa. Gue akhirnya pasrah. Beruntung, waktu itu ada yang lihat gue (tinggal rambutnya doang) langsung manggil-manggil ayah gue. Habis itu gue nggak ingat lagi.
Yang jelas karena kejadian itu gue sempat trauma lama banget. Tapi alhamdulillah sekarang udah nggak lagi walaupun masih nggak bisa berenang hehe.


Nah, itu beberapa moment dimasa kecil gue yang menurut gue menarik. Sebetulnya masih banyak cerita-cerita lainnya yang nggak mungkin bakal bisa gue tulis semua disini. Yang jelas, bagi gue, masa kecil itu adalah masa-masa indah untuk dikenang. Masa-masa lucu ketika kita masih menjadi seorang yang polos, lugu, dan imut! Terkadang, mengenang masa-masa itu membuat gue senyum bahkan tertawa sendiri. Ah, bahagianya!

Sebelum gue akhiri postingan ini, berikut adalah fhoto-fhoto dari masa kecil gue yang 'unyu' dulu.

Unyu kaaaan? XD
Okay, sekian tulisan gue kali ini. See you in next post!
Salam sayang,

Eva :)

Share This!


5 comments :

  1. Kaga mirip mami fotonya,, hahaha
    Kayaknya dari dulu sampai skarang sama aja polosnya, wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Hehehe, klo besok anakmu kelakuannya kayak yang dirimu ceritain ini jadinya nggak bikin dirimu heran :D

    ReplyDelete
  3. talam sajinya enak tuh, mba. :D mau dong bagi haha

    ReplyDelete
  4. masih inget aja kenangan kecil nya yah . . nice idea . .

    ReplyDelete

Edited By Eva Erisa · Design By Seo Blogger Templates